bisnis online wish dr. boyke

Tips Menjalankan Bisnis Online Agar Sukses dan Lancar

Bisnis Online banyak disukai karena memiliki prospek yang menjanjikan semua aktivitas bisnisnya dikerjakan menggunakan internet. Aktivitas tersebut mencakup jual beli barang, menyediakan jasa dan lain sebagainya.

Wujud dari kegiatannya bisa berupa website, blog, toko online, akun media sosial dan lain sebagainya. Semua itu mendukung kemajuan aktivitas bisnis. Termasuk salah satunya bisnis pendatang tentang kesehatan.

Apalagi jika kamu menjual produk-produk yang banyak digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari hari. Oleh karena itu, jika usaha online dijalankan secara sungguh-sungguh maka peluang mendapatkan keuntungan sangat besar.

9 Tips Menjalankan Bisnis Online yang Wajib Kamu Ketahui

Ada beberapa tips yang bisa kamu praktekkan ketika menjalankan bisnis secara online. Pastikan kamu mengikutinya hingga akhir agar tidak ada informasi yang terlewat.

1. Menentukan Produk

Kamu bisa memulainya dengan menentukan produk apa yang ingin dijual. Temukan produk yang bisa mendatangkan banyak profit. Dalam hal ini perlu melakukan riset.

Riset sangat penting untuk mengetahui seberapa menarik jasa atau produk yang kamu jual. Sebelum fokus pada satu produk, bisa mencoba beragam bisnis. Misalnya, berjualan melalui marketplace atau sosial media.

Tujuannya adalah untuk menarik pasar. Langkah ini tentu membutuhkan proses panjang mulai dari membuat konsep hingga mencari ide. Selain itu, perlu belajar ilmu bisnis dengan tepat.

2. Membuat Website

Tips membangun bisnis online berikutnya adalah membuat website dengan tampilan menarik. Hal ini untuk membuat bisnis lebih terkenal sekaligus sebagai identitas diri.

Oleh karena itu, kamu wajib membuatnya demi mendukung kesuksesan usaha. Dalam membuat website perhatikan dalam pemilihan domain dan hosting. Pastikan nama domainnya tidak sulit diingat oleh konsumen.

Buatlah website toko online yang ramah pelanggan dan kecepatan akses tinggi. Selain itu, bersifat mobile friendly sehingga dapat diakses dengan mudah kapan saja.

Apabila tidak bisa membuatnya sendiri maka bisa menggunakan jasa terpercata. Pastikan tampilannya menarik dan terlihat professional sehingga akan dipercaya oleh banyak orang.

Website bisnis online berisi konten seperti foto produk, deskripsi produk, testimoni dari pelanggan dan lain sebagainya. Pastikan foto produknya menarik dan jelas sesuai aslinya.

3. Melakukan Analisis Target Market

Tips selanjutnya adalah menganalisis target pasar. Dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan perkenalan pertama. Selain itu, lakukan promosi lewat mesin pencari seperti Google dan Yahoo.

Gunakan teknik SEO untuk mengembangkan bisnisnya. Target pasar harus spesifik sehingga mempermudah untuk melakukan analisisnya. Misalnya kelompokkan berdasarkan jenis kelamin, usia, pendapatan atau profesi karena berpengaruh besar.

4. Berjualan Lewat E-Commerce

Tips membangun bisnis online selanjutnya adalah mulai berjualan via e-commerce. Jika kamu telah memiliki website toko online maka harus mengoptimalkannya dengan memasang produk pada website e-commerce.

Tujuannya untuk menarik pembeli potensial. Selain itu, mempermudah konsumen untuk berbelanja. Banyak e-commerce yang bisa kamu gunakan. Pilihlah e-commerce yang tepat untuk memasarkan produk.

Selain itu berikan pelayanan terbaik agar memberikan kepuasan bagi pelanggan. Tetap berikap ramah dalam melayani pelanggan dan harus bersedia menjawab berbagai pertanyaan karena pembeli adalah raja.

5. Membangun Reputasi

Bisnis online harus memiliki reputasi baik agar bisa terkenal dan banyak orang yang percaya. Pada umumnya, pembeli akan mencari informasi lengkap mengenai suatu produk atau jasa lewat internet.

Oleh karena itu, isilah website toko online dengan berbagai artikel menarik dan bermanfaat. Dengan demikian, pengunjung bisa mendapatkan banyak manfaat selain dari produknya.

Pastikan semua informasi yang tersedia lengkap. Jangan lupa sertakan link untuk membeli produknya sehingga mempermudah pengunjung melakukan transaksi. Membangun reputasi harus kamu lakukan dari awal agar mendapatkan kepercayaan.

Salah satu caranya yaitu dengan membuat konten menarik, lalu unggah ke semua media sosial dari brand kamu. Konten bisa dalam bentuk video, foto, infografis dan lain sebagainya

Semua itu bersifat penting dalam bisnis online karena tidak hanya sekedar membuat konten, melainkan juga membangun engagement. Misalnya dengan membuat giveaway, lewat komentar atau memanfaatkan fitur interaksi di media sosial. Adanya konten yang menarik akan mempermudah kamu untuk melakukan promosi baik melalui search engine maupun media sosial. Contohnya seperti Facebook, Instagram, Pinterest dan Twitter.

6. Membuat Email Marketing

Kamu juga perlu membuat email marketing khusus bisnisnya. Dengan demikian, reputasi bisnis menjadi semakin dikenal. Hal ini bisa membangun jembatan yang akan membuat lebih dekat dengan calon pembeli potensial.

Pada website silahkan kamu tambahkan pilihan untuk berlangganan email marketing atau newsletter. Misalnya dengan memberikan penawaran diskon menarik untuk pembelian periode selanjutnya.

Biaya email marketing dalam bisnis online juga lebih terjangkau dan efisien daripada memasang iklan baik melalui media cetak maupun elektronik. Hal ini karena target market kamu sudah jelas.

Pembeli email marketing telah tersegmentasi karena merupakan keinginan sendiri untuk berlangganan. Memang tidak semua orang ingin membeli produk kamu. Namun, saat mendapatkan informasi yang dibutuhkan pasti langsung membeli.

7. Melakukan Promosi

Setelah memiliki toko online, kini saatnya berjualan. Promosikan produk maupun jasa untuk memperoleh pelanggan dalam jumlah banyak. Banyak jenis iklan yang dapat digunakan untuk membantu promosi secara online.

Misalnya menggunakan iklan pay per click pada Google atau Facebook. Jenis iklan tersebut dapat mempermudah website atau toko online untuk memperoleh banyak traffic atau pengunjung.

Cara seperti ini sangat efektif diterapkan dalam bisnis online daripada hanya mengandalkan pengunjung secara organik. Selain itu, situs web toko online juga akan muncul pada halaman penelusuran.

Pengguna internet menjadi lebih mudah dalam menemukan produk-produk kamu. Keuntungan lainnya adalah bisa mendapatkan kata kunci yang akan mempermudah untuk menghasilkan konversi tinggi.

Pemilihan kata kunci yang tepat akan membuat situs web bisnisnya memperoleh skor maupun peringkat lebih baik pada mesin pencari. Jika website muncul pada peringkat pertama maka bisnis menjadi lebih terkenal.

8. Analisis Kompetitor

Semua jenis bisnis pasti ada saingannya sehingga penting untuk melakukan analisis kompetitor. Tujuannya agar mempermudah memperoleh strategi pemasaran yang tepat sehingga mampu bertahan dalam industri tersebut.

Kamu akan mendapatkan banyak informasi penting yang bagus untuk kemajuan bisnis online. Misalnya seperti strategi, tren, ilmu baru dan lain sebagainya dari hasil analisis.

Nantinya, jika ilmu yang diperoleh kamu aplikasikan maka akan meningkatkan pendapatan dan berdampak positif terhadap perkembangan bisnis. Carilah informasi sebanyak mungkin dari kompetitor dan ikuti regulasi dari pemerintah.

9. Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Apabila bisnismu sudah memiliki reputasi bagus dan banyak pelanggan, maka tidak boleh berhenti. Pengusaha harus mampu menjaga loyalitas dari pelanggan sehingga akan terus membeli produk hanya dari toko kamu.

Salah satu caranya dengan menjalin komunikasi dan follow up terhadap pelanggan. Cara lainnya dengan mengirimkan voucher atau kupon diskon, mengirimkan thank you page setelah selesai melakukan transaksi dan lain-lain.

Kamu bisa mempraktekkan tips tersebut agar sukses menjalankan bisnis obat herbal seperti minuman diet dan lain-lain. Jika tertarik menjalankan bisnis online, bisa bergabung bersama WISH dengan mengklik link berikut https://wishboyke.id/agen-dan-outlet.

X
Add to cart

Konsultasikan dengan Dr. Boyke

Catatan Khusus Pembelian Produk

Semua stok produk tersedia, jika stok kosong, otomatis akan digudangkan
Pengiriman dengan JNE YES, GOJEK, dan GRAB hanya untuk hari Senin – Jumat, Pukul 08.00-15.00, di luar jam tersebut, Sabtu – Minggu, dan tanggal merah tidak dapat dilayani, Terimakasih.
Untuk orderan yang masuk hari Sabtu – Minggu atau Hari Libur Nasional, akan diproses hari berikutnya, No Resi akan diinput sehari setelah pengiriman, mohon di maklumi.
Dalam pengemasan produk, wish akan menggunakan dus coklat/polos tanpa nama produk (coret/sobek) dan jam tutup pembelian pada jam 2 siang lalu untuk jam pengiriman pada sore hari pada hari kerja Senin – Jumat.
Kami berharap setiap unboxing paket, sahabat Wish membuat video agar dapat kita bantu retur atau klaim ketika ada kekurangan, kesalahan atau kerusakan produk pembelian
PASTI DIKIRIM
Terimakasih